Drive optik akan hilang?

09Sep12

Cakram optik (seperti CD dan DVD) dan drive optik sudah menjadi bagian hidup kita sejak lama. Banyak kegiatan berkomputer kita yang tidak lepas dari keberadaan benda-benda tersebut, mulai dari musik, film, games, program-program, keperluan backup, keperluan menyalin data, dan sebagainya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi awan dan perangkat penyimpanan mobile (seperti harddisk portabel atau flashdisk) yang kian murah, cakram dan drive optik sepertinya tidak lagi semenarik dulu karena kapasitas simpannya yang terbatas dan kemampuan tulis ulangnya yang terbatas.

Mungkin itu sebabnya, perusahaan sekelas Sony memutuskan untuk menghentikan produksi drive optiknya. Padahal menurut beberapa sumber yang terpercaya, sudah lama Sony tidak lagi memproduksi sendiri drive optiknya namun hanya menggunakan drive optik produksi Lite-On yang diberi label Sony. Bahkan saat ini, di pasaran sudah mulai susah ditemukan drive optik selain merek-merek seperti Samsung atau Lite-On.

Untuk lebih jelasnya mengenai penghentian produksi drive optik oleh Sony, berikut berita yang dikutip dari http://www.japantimes.co.jp:

Sony Corp. akan menghentikan produksi drive cakram optik untuk komputer pribadi pada bulan November 2012 karena persaingan sengit yang menyebabkan harga drive optik turun drastis, menurut sumber dari perusahaan.

Operasi di Sony Optiarc Inc, anak perusahaan milik Sony untuk bisnis cakram optik yang berbasis di Atsugi, Prefektur Kanagawa, akan dihentikan pada akhir Maret 2013 dan akhirnya akan dilikuidasi, kata para pejabat Sony.

Tenaga kerja global sebesar 10.000 orang mungkin akan dikurangi pada akhir bulan Maret 2013. Sony akan menawarkan pensiun dini untuk 400 karyawan unit di Jepang dan luar negeri, sementara pekerja lain akan dipindahkan ke posisi yang berbeda dalam kelompok, kata para pejabat Sony.



No Responses Yet to “Drive optik akan hilang?”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: